Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Desain Data base

Mendesain Database – Perangkat lunak dewasa ini mulai bertransformasi menjadi sebuah needs, kebutuhan. Fungsinya yang merupakan alat tambahan menjadi semakin prioritas di era dimana internet menjadi semakin murah untuk dinikmati kalangan menengah bawah. Dari semua aplikasi yang beredar dan digunakan oleh banyak orang, terdapat aplikasi yang memerlukan media basis data untuk menyimpan data-data vital dari sang pengguna ataupun data-data aplikasi itu sendiri.
Relational Database Management System
Relational Database Management System
Database adalah basis data. Basis data dalam kamus resmi bahasa Indonesia disebut juga pangkalan data.Basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS) (Wikiedia).
Dalam sudut pandang developer, database memegang peranan penting dalam membangun sebuah aplikasi. Bertugas menyimpan informasi penting terkait program dan juga data pemakai, database memiliki porsi sama besar dalam komposisi komponen terpenting dari sebuah program, selain program itu sendiri.
Dalam mendesain database, terdapat berbagai metode yang bisa digunakan. Berikut langkah-langkah mendesain database yang penulis rangkum dari berbagai sumber di internet:

Analisis Persyaratan

Fase pertama dalam proses pendesainan database adalah menganalisa persyaratan. Hal ini dimaksudkan kita, sebagai seorang developer, harus memahami dan mengetahui data apa saja yang perlu disimpan dalam database. Yang perlu, karena tidak semua data perlu kita masukkan dalam database.Developer juga harus mengenali aplikasi apa yang akan dibangun di atasnya, dan juga mengetahui jenis operasi apa yang akan digunakan untuk aplikasi yang sedang kita bangun.

Desain Data Base Konseptual

Tahapan kedua adalah mendesain database secara konseptual, teoritis. Semua informasi yang berhasil dikumpulkan pada proses pertama, tahap analisis persyaratan, akan sangat berguna pada fase ini. Data tersebut akan digunakan untuk mengembangkan deskripsi data tingkat tinggi (high level data description). Tahapan ini sering dilakukan dengan menggunakan model E-R. Tujuannya adalah untuk menciptakan gambaran sederhana tentang data yang mirip dengan pemikiran pengguna / user.

Desain Data Base Logika

Tahapan selanjutnya adalah mengubah database konsep pada fase kedua menjadi desain database logika. Hal ini dilakukan dengna cara merubah skema E-R menjadi skema database relasional. Tujuan proses ini adalah untuk memperoleh skema konseptual pada model data relasional yang sering dinamakan skema logika.

Perbaikan Skema

Evaluasi langkah-langkah yang sudah dilakukan sebelumnya. Sangat mungkin terjadi perubahan dikarenakan penyesuaian-penyesuain yang harus dilakukan. Pada fase ini, lakukan analisis sekumpulan relasi dalam skema database relasional untuk mengidentifikasi permasalahan yang muncul dan memperbaikinya.

Desain Data Base Fisik

Langkah kelima dalam proses mendesain database adalah mendesain database secara fisik. Artinya, semua analisa, konsep, teori dan disain yagn dilakukan sebelumnya diimplementasikan ke dalam database yang sesungguhnya. Tahapan ini bisa mencakup pembuatan indeks pada beberapa tabel, lalu mengelompokkannya menjadi beberapa tabel atau melibatkan desain ulang yang substansial terhadap beberapa bagian skema database.

Desain Aplikasi dan Keamanan

Semua proyek pengembangan perangkat lunak yang melibatkan sebuah DBMS harus mempertimbangkan aspek aplikasi yang berada di luar database sperti : enkripsi, digital signature, dan lain-lain. Security pada database adalah lapisan pertama dalam menanggulangi ancaman terhadapa sebuah aplikasi. Contoh nyatanya seperti pemberian hash pada password, ataupun sekedar fungsi MD5.
Perancangan database yang baik merupakan salah satu pondasi pembangunan aplikasi yang penting. Dengan desain database yang baik, aplikasi yang berdiri di atasnya akan memperoleh pijakan yang kuat untuk berkembang semakin besar

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar