Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cara Mudah Remote MySQL Antar Server

Sebelumnya penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Anda pembaca dan pengunjung setia buku karya penulis, khususnya "Step by Step Membangun Aplikasi SMS dengan PHP & MySQL".. yang atas kehendak yang kuasa, buku ini dapat memperoleh banyak peminat dan tanggapan positif baik dari kalangan muda, baik itu pelajar, mahasiswa, developer/programmer, hingga kepada kalangan dosen sebagai bahan ajar.

dan puji Tuhan, atas kehendak yang kuasa juga, buku tersebut kini telah Sold Out, bahkan Stok buku di website penulis saat ini pun Kosong bahkan ada salah satu penerbit dari Malaysia yang tertarik dan antusias terhadap buku ini dan saat ini Hak Cipta buku ini telah dibeli oleh Penerbit dari Malaysia (Synergy Media, Kuala Lumpur) untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Malaysia (Melayu) dan akan dipasarkan khusus di Malaysiadan sekitarnya..

Hal tersebut membuat saya menjadi sangat terpacu untuk melanjutkan kembali buku mengenai SMS (banyak juga diantara pembaca yang merequest/mengusulkan ide mengenai proyek apa saja yang harus dijadikan bonus, saat ini sedang saya seleksi terlebih dahulu), dan saat ini saya juga sedang menyusun draft dan kerangka untuk Proyek berbasis SMS yang lebih dahsyat lagi.. untuk Proyeknya itu masih rahasia.. yang pasti nanti akan dibahas juga cara untuk mengonlinekannya di server hosting.. dan untuk kapan selesainya.. itu belum dapat dipastikan, baru menyusun kerangkanya.. :)

--------------------------------------------------------------------------------------
Tutorial yang akan penulis bahas saat ini adalah bagaimana caranya untuk meremote dan melakukan setting konfigurasi koneksi database antara web server.

contoh sederhana:
penulis mencoba menjalankan aplikasi web dari localhost (xampp -http://localhost/aplikasi.php), namun untuk databasenya penulis letakkan pada server hosting.. nah bagaimana untuk koneksinya?.. tak hanya localhost, kita juga bisa meletakkan:
Aplikasi kita letakkan pada server A
Database kita letakkan pada server B
Intinya, kita harus dapat mengijinkan server A untuk dapat mengakses Database pada server B..

Caranya:
1. masuk (login) pada control panel hosting tempat database Anda disimpan..
2. Pada pilihan MySQL, klik link tersebut.
3. Anda akan mendapati kolom Add Access Host, cukup Anda isikan IP Host Web Server A.. artinya kita mengijinkan server A untuk dapat mengakses database server B
4. Jika diisi dengan tanda %, berarti Anda mengijinkan semua IP web server untuk mengakses database Anda.
5. Jika sudah tersimpan, maka IP akan tampil dalam daftar.
6. untuk menghapus IP yang telah terdatar dapat Anda klik tanda silang yang terdapat disebelah.

Pada koneksi file php, dapat Anda setting dengan perintah berikut:

<?php
$hostName    = "situsAnda.com";
$userName    = "userName MySQL";
$passWord    = "passWord MySQL";
$database    = "nama Database Anda";

mysql_connect($hostName,$userName,$passWord) or die('Connection Failed');
mysql_select_db($database) or die('Database Failed');
?>


cukup simpel bukan?...

semoga tutor kali ini dapat memberikan pencerahan kepada Anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar